Lebih Baik SSD atau HDD ? - emirortech.com

Lebih Baik SSD atau HDD ?

Lebih Baik SSD Atau HDD – Dalam dunia hardware poin utama untuk menjalankan sitem kita membtuhkan media penyimpanan. Biasanya media penyimpanan di gunakan untuk  file os  dan berbagai file, software, music, move, dan sebagainya.
Namun tahukah kamu dalam media pemyimpan terdapat 3 jenis media penyimpanan yaitu HDD (Hard Disk Drive), SSD (Solid State Drive), dan SSHD (Solid State Hybrid Drive).  Dikalangan masyarakat terutama indonesia bisanya meraka menggunakan media penyimpanan HDD dan SSD. manakah yang Lebih Baik antara SSD Atau HDD ?

 Apa perbedan SSD dan HDD?

Pada umumnya perbedan SSD dan HDD bisa di lihat dari  harga, dan dari kecepan membaca file. HDD bisanya di julal degan harga yang terjangkau yang pada umumnya  di gunakan setiap prangkat komputer, namun SSD  diljual dengan harga yang cukup mahal yang 120gb di hargai 300rb – 400rb, itu untuk jenis sata 2,5″ nya SSD mampu membaca file dengan kecepatan ±6gb per menit.
di sini kami akan menjelaskan perbedan antara HDD dan SSD, yuk simak artikel di bawah ini :

 

Apa Itu SSD (Solit State Drive) ?

SSD atau solid state drive adalah sebuah prangkat penyimpanan solid state yang di rakit menggunakan papan  sirkuit yang terintegrasi, yang bisa di gunakan untuk menyimpan data secara terus menerus. Pada umumnya ssd menggunakan memory flash yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder dan hierarki penyimpanan komputer.

Apa Itu HDD (Hard Diks Drive) ?

HDD atau Hard Diks Drive adalah sebuah perangkat penyimpanan hardware yang menyimpan data sekunder dan bisanya berisi sebuah pringan hitam  magnetis.
Unuk HDD ini biasannya dia lebih sensitif di bandingkan dengan SSD, seperti klau terkena debu berlebihan dan jatuh sebuah HDD akan mudah rusak.

Apa Kelebihan SSD di bandingkan HDD?

Kelbihan SSD di bandingakan HDD bisa di lihat dari
• Transfer data yang lebih cepat : di bandingkan HDD pada waktu copy paste  SSD mampu lebih cepat 50%  di bandingkan HDD.
• Lebih hemat listrik : SSD hanya mengkonsumsi daya ±10% listrik dari konsumsi daya HDD .
• Booting lebih cepat : hanya dalam hitungan detik SSD sudah mampu masuk os (sintem operasi).
• SSD memiliki bebrapa jenis yaitu : sata 25″ , SSD sata m.2  dan SSD M.2  Nvme. Di bandingkan HDD hanya memilkki 2 jenis yaitu  2.5″ untuk laptop dan 3.5″ untuk Pc  untuk jenisnya hdd ATA/AIDE, SCSI dll.

Apakah SSD Bisa Di Gunakan Secara Bersamaan Dengan HDD?

Dlam semua jenis media penyimpanan dapat di jalan dengan secara bersamaan secara internal maupun external,
Untuk penyimpanan internal sebaiknya priksa dulu slot di dalam motherboard, motherboard tersebut dapat menjalankan bebrapa ssd dan hdd secara bersamaan.

RX Sword D emiror
RX Sword D emiror | memuat media informasi seputar teknologi, gadget, tutorial, tips n trik, software, hardware. Dengan menulis artikel dengan gayanya sendiri dan ketertarikannya terhadap artikel tersebut :D