Cara Setting CDN Statically Di WordPress Untuk Kecepatan Website Anda Terbaru

Cara Setting CDN Statically Di Wordpress Untuk Kecepatan Website Anda

Cara Setting CDN Statically – Disini kami akan review CDN Statically yang bertujuan untuk mengoptimalkan kecepatan website anda.

Biasanya anda menggunakan cdn di domain atau mengganti nameserver domain anda saja, tanpa mengoptimasi kecepatan sebuah gambar atau images yang anda upload di website anda.

Jika kecepatan blog anda sangatlah baik, tapi gambar atau images yang di tampilkan cukup lama atau tidak seimbang dengan kecepatan website anda, sehingga anda perlu mengatasi hal tersebut dengan menggunakan CDN Images atau gambar, supaya website anda tidak terlalu lama ngeload bahkan hingga tidak keluar Gambarnya.

Untuk di kalangan yang menggunakan plugin cdn, pasti sudah tidak asing lagi dengan CDN Statically. Karena CDN Statically ini tidak memiliki batas disk penyimpanan seperti CDN imagekit atau Jetpack. Sebelum anda ingin menggunakan plugin tersebut anda harus tahu terlebih dahulu Apa Itu CDN Statically ?

CDN Statically adalah salah satu layanan gratis Content Delivery Network (CDN) yamg dapat mengoptimalkan kecepatan seluruh webseite anda, tidak hanya gambar saja, css dan JavaScript juga di optimalkan kinerjanya dnegan menggunakan CDN Statically.

Cara Setting CDN Statically Di WordPress

Cara Setting CDN Statically Di WordPress Untuk Kecepatan Website Anda
Cara Setting CDN Statically Di WordPress Untuk Kecepatan Website Anda

alasan saya kenapa saya memilih cdn Statically ini di karena sangat mudah di gunakan dan tidak memakan penyimpanan dari server webseite yang kami gunakan,

Sebelumnya kami sudah menggunakan cdn imagekit dan cdn photon yang di sediakan oleh plugin Jetpack untuk optimasi gambar/images di blog kami. Namun plugin tersebut memiliki kapasitas penyimpanan max 10GB untuk pengguna free di imagekit, sedangkan di cdn photon sendiri terlalu banyak memakan kapasitas penyimpanan dari server webseite kami.

Seblum anda menggunakan cdn Statically anda harus tahu bagaimana cara menggunakan cdn tersebut, nah kami akan memberikan panduan cara memasang cdn Statically di website anda.

1. Download Plug-in Cdn Statically

Download Plug-in cdn Statically
Download plugin Statically.io

Yang anda harus lakukan pertama kali yaitu anda harus mendownload plugin cdn Statically di sini : Download plugin cdn Statically

2. Install Plugin Cdn Statically Di WordPress Anda

2. Install Plugin Cdn Statically Di WordPress Anda
Install Plugin Cdn Statically

setelah anda download plugin cdn Statically, langkah selanjutnya anda dapat mengupload plugin tersebut, bagimana caranya? Simak caranya sebagi berikut :

  • masuk ke dashboard WordPress anda
  • Cari menu plugin yang berada di sebelah kiri, lalu klik pada bagian tambah baru
  • setelah itu unggah plugin yang berada pada bagian atas
  • lalu pilihlah file zip yang anda download tadi contoh : Statically.zip
  • lalu Install plugin tersebut dan tunggu beberapa saat hingga selesai proses installnya
Read more : https://www.emirortech.com/panduan-belajar-ebook-seo-untuk-blogger-pemula/

3. Dapatkan Code Api Key CDN Statically.io

3. Dapatkan Code Api Key CDN Statically.io
Dapatkan Code Api Key CDN Statically

Setelah anda menginstal plugin cdn Statically tadi kemudian anda harus membuat code api cdn Statically atau generate api key cdn Statically.io disini : generate

Setelah anda masuk ke link tersebut geser ke bawah untuk mencari generate api key, setelah anda menemukannya kemudian anda masukan email, alamat website anda atau domain anda, dan selebihnya di biarkan default saja dan setujuilah privasi policy dan tos . Lalau anda klik Generate api key.

4. Copy Code Api Key CDN Statically.io

4. Copy Code Api Key CDN Statically.io
Copy code api key Statically

setelah anda klik pada bagian generate api key, secara otomatis anda akan mendapatkan code api key Statically, lalu anda dapat mengcopy code api key tersebut.

5. Konfigurasi plugin Cdn Statically.io

5. Konfigurasi plugin Cdn Statically.io
Konfigurasi plugin cdn Statically

setalah anda mendapatkan code api key Statically,selanjutnya anda masukan code api key Statically tersebut di plugin Statically, bagaimana masukan code api key Statically?

Caranya cukup mudah ikuti langkahnya sebagai berikut:

  • masuk ke dashboard WordPress anda
  • cari menu Statically.io (bisanya terletak di bagian bawah) lalu anda klik pada menu tersebut
  • Setelah masuk ke plugin tersebut anda masukkan code api tersebut di bagian api key
  • lalu ceklis/pilih images, css, JavaScript untudi aktifkan
  • kemudian klik simoan perubahan.

Itulah cara masukan code ali key Statically di plugin Statically.

Untuk Cara Cek CDN Statically.io Sudah Aktif Atau Belum

Untuk Cara Cek CDN Statically.io Sudah Aktif Atau Belum
Sumber foto ini : https://www.kompirasi.com

Untuk cara pengecekannya sangat mudah di lakukan, yaitu dengan inspect elements dengan mengetik CTRL + U Lalu anda cheak lah resource CDN Statically seperti gambar.

Jika kamu menemukan https://cdn.statically.io/ di awalan situs, berarti cdn Statically anda sudah aktif seperti gambar yang di atas.

Penutup

mudah bukan untuk melakukannya, cdn sendiri untuk membatu optimalkan kecepatan website anda hingga visitor website anda tidak akan menunggu lama sehingga tidak berpindah ke aritikel lainnya.

RX Sword D emiror
RX Sword D emiror | memuat media informasi seputar teknologi, gadget, tutorial, tips n trik, software, hardware. Dengan menulis artikel dengan gayanya sendiri dan ketertarikannya terhadap artikel tersebut :D